Pages

Sunday, October 29, 2017

Tips Untuk Menampilkan Judul Post di Blogger Part 2

Pada artikel yang lalu sudah diuraikan cara menampilkan judul post saja pada halaman blogger dengan menggunakan CSS, maka kali ini kita akan coba dengan cara lain. Monggo disimak bagi yang berminat.

Kali ini cara yang kita gunakan adalah dengan cara mengutak-atik template blogger yang kita gunakan. Step-stepnya adalah sebagai berikut:

Step 1: Login ke blogger dengan akun anda

Tidak perlu dijelaskan panjang lebar mengenai step ini. Siapapun anda, dimanapun anda berada, ga peduli status sosial anda, kalau alamat blog masih pake domain blogspot.com sudah pasti punya akun blogger. Langsung login aja ye!

Step 2: Backup your Template

Karena cara yang digunakan kali ini dengan melakukan editing pada template, sangat disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Cara mudahnya hanya dengan kombinasi CTRL+A, CTRL+C pada halaman edit template dilanjutkan CTRL+V pada text editor idaman anda kemudian simpan.

Atau dengan cara lain yaitu dengan klik menu Theme, dilanjutkan dengan klik Backup / Restore yang dapat anda temukan pada pojok kanan. Setelah keluar pop-up lanjutkan dengan klik Download Theme. Secara otomatis template akan di download pada komputer anda.

Step 3: Edit Layout

Masih sama dengan cara pada artikel yang lalu, yaitu dengan klik menu Theme pada sebelah kiri dilanjutkan dengan klik Edit HTML seperti dibawah ini:

Setelah itu kita akan dibawa menuju jendela editor. Silahkan cari tag <data:post.body/> pada template anda. Gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencarian. Setelah itu tambahkan kode <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'> tepat sebelum tag diatas dan kode </b:if> setelah tag tersebut diatas.

Berikut adalah tampilan dan urutan dari tag setelah dilakukan editing:
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'>
  <data:post.body/>
</b:if>

Setelah itu silahkan klik Preview Theme untuk melihat hasilnya. Jangan lupa untuk Save Theme sebelum keluar dari editor.

Silahkan dicoba dan selamat berkreasi!.

No comments:

Post a Comment

DMCA