Pages

Thursday, November 9, 2017

Cara Kirim / Simpan Percakapan Whatsapp

Sebagai salah satu media aplikasi perpesanan yang paling banyak dipakai, saya asumsikan bahwa semua pengguna sudah bisa memanfaatkan fitur untuk melakukan backup dan restore semua percakapan yang telah dilakukan secara otomatis baik melalui media penyimpanan lokal (internal memory) atau menggunakan media Google Drive.

"Saya ingin menyimpan percakapan saya dengan si A saja, kemudian saya kirimkan ke B, Bisa ga?" Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan teman saya. Silahkan klik Read More untuk lebih detailnya.


Sebetulnya fitur ini sudah lama tersedia di whatsapp, cuman terkadang masih terlewat oleh beberapa orang. Kesibukan adalah salah satunya. Nah, untuk itu saya coba tulis disini langkah-langkahnya dengan harapan bisa membantu / memberi pencerahan bagi mereka yang belum tahu caranya. Bagi yang sudah tahu ga usah berisik :)

Backup ke Google Drive

Sebetulnya yang ini ga perlu dibahas lagi, jadi hanya saya tampilkan gambarnya saja. Silahkan ikuti langkah-langkahnya sesuai gambar dibawah.
Setelah klik menu setting, kita akan di bawa menuju tampilan seperti diatas, tinggal diikuti saja sesuai gambar dan selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Untuk gambar diatas berikut keterangan singkatnya:
  1. Jika kita sentuh / touch tulisan backup maka yang terjadi adalah proses backup manual sedang dijalankan, proses upload akan ditampilkan seperti tanda panah diatas.
  2. Seberapa sering proses backup ini dilakukan? apakah dilakukan secara otomatis atau manual? Jika anda pilih manual maka cara seperti nomer 1 diatas yang harus dilakukan, jika secara otomatis ada 3 pilihan: harian, mingguan, bulanan. Silahkan pilih sesuai keinginan. Anda juga bisa memilih untuk tidak melakukan backup sama sekali, pilihan ada ditangan anda.
  3. Akun google anda untuk menyimpan backup
  4. Silahkan pilih Wi-Fi only jika anda mempunyai keterbatasan paket data. Opsi lainnya adalah Wi-Fi or Cellular, artinya proses backup ke Google Drive akan berjalan baik melalui paket data atau koneksi wifi.

Kirim / Simpan Percakapan

Ini yang kita tunggu-tunggu. Sengaja saya muter-muter dulu biar agak panjangan dikit hehehe.
Okay, topiknya adalah mengirim / menyimpan hasil percakapan dengan salah satu kontak atau group. Caranya sbb:
Sama halnya dengan proses backup, namun kali ini setelah masuk dari menu setting kita pilih Chat History dan lanjutkan dengan Email Chat.
  1. Chat History adalah opsi untuk memilih percakapan dengan yang akan di kirim / simpan.
  2. Email Chat digunakan untuk mengirimkan hasil percakapan yang sudah dipilih. Untuk contoh ini saya akan coba kirim percakapan saya dengan Puguh.


Setelah kita pilih percakapan yang akan kita kirim, akan muncul pop-up seperti gambar diatas,

  1. Hasil percakapan yang dikirimkan hanya berupa text (.txt)
  2. Semua media yang ada selama percakapan dilakukan baik berupa gambar diam atau bergerak juga akan disertakan dalam pengiriman.

Gambar kiri adalah contoh tampilan jika memilih pengiriman tanpa disertai media. Gambar kanan jika memilih untuk menyertakan (ATTACH MEDIA).

Setelah itu tinggal masukkan email tujuan dan proses pengiriman percakapan telah selesai.

Tapi ada kalanya anda hanya ingin menyimpan hasil percakapan untuk keperluan pribadi. Sangat Bisa sekali!

Pada saat muncul opsi WITHOUT MEDIA dan ATTACH MEDIA diatas selesai, anda tidak perlu mengisi kolom To pada email diatas, cukup simpan email diatas dalam bentuk DRAFT. Setelah itu tutup email anda, kemudian edit draft yang sudah terbuat. Pada bagian bawah akan ada attachment percakapan yang bisa didownload untuk disimpan di penyimpanan internal atau disimpan di Google Drive. Kurang lebih tampilannya seperti dibawah ini:
Sekian dulu, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

DMCA