Pages

Sunday, November 5, 2017

Cara Mengetahui Informasi Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama komputer atau nama server. Secara umum fungsi domain adalah sebagai alias atau pengganti dari alamat IP. Teknologi ini dibuat karena pada dasarnya manusia lebih mudah menghafal nama daripada angka.

Seperti misalnya kita akan mengakses web google. Akan jauh lebih mudah jika kita mengetikkan www.google.co.id pada browser jika dibandingkan dengan mengakses melalui kombinasi angka seperti 74.125.200.94. Lalu bagaimana jika ingin mengakses twitter atau facebook? Akan sangat mengerikan sekali jika kita harus mengakses melalui kombinasi angka (Alamat IP).

Menurut wikipedia: Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Di kesempatan ini saya tidak akan membahas mengenai cara kerja dari domain, saya hanya akan sedikit mengulas mengenai cara untuk memperoleh informasi mengenai Domain. Terkadang jika kita browsing sebuah website yang sangat menarik, kadang kita akan mencari tahu siapa pemilik website tersebut. Untuk keperluan tersebut kita membutuhkan bantuan tool yang bernama WHOIS.

Secara singkat fungsi dari whois adalah untuk mendapatkan informasi seperti:

  • Nama pemilik domain
  • IP address
  • Name Server
  • No telpon
  • Alamat email
  • Status aktif domain
  • Kapan domain didaftarkan
  • Kapan domain akan expired dll

Berikut website yang menyediakan tool whois yang bisa dijadikan acuan untuk mengecek sebuah domain:
  • https://whois.domaintools.com/
  • https://centralops.net/co/DomainDossier.aspx
  • http://dnstools.com dll
Kita tinggal memasukkan nama domain kemudian tekan enter, selanjutnya semua informasi mengenai domain tersebut akan ditampilkan.

Selain cara diatas, berikut adalah cara mengetahui informasi tentand domain tanpa harus membuka browser. Cukup dengan menggunakan terminal.
Jika anda menggunakan linux, ketikkan perintah sbb:
gdoc@host:~$ whois nama_domain

Jika anda menggunakan mac, ketikkan perintah sbb pada terminal:
gdocs-mbp:~ gdoc$ whois nama_domain

Note: Terkadang ada beberapa domain yang menggunakan protection (whois protection) yang merupakan layanan dari resitrar domain untuk melindungi informasi pemilik domain, sebagai gantinya akan ditampilkan Privacy Protection Service INC.

No comments:

Post a Comment

DMCA